Senin, 14 September 2015

ALAT PERNAPASAN MANUSIA



v  Alat Pernapasan Manusia
Sistempernapasanatausistemrespirasiadalahsistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. System pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk  membawa udarakedalam paru‑paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi system pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Bahkan pohon pun memiliki system pernapasan.
Sistem pernafasan secara garis besarnya terdiri dari paru-paru dan susunan saluran yang menghubung kan paru‑paru dengan yang lainnya, yaitu hidung, tekak, pangkal tenggorok, teng-gorok, cabang tenggorok.
Pada awalnya kita menghirup udara melalui rongga hidung yang kemudian melewati tekak dan pangkal tenggorok kemudian terus ketenggorokan.Tenggorok bentuknya seperti pipa yang kuat, terletak di depan kerongkongan, melalui leher sampai mencapai rongga dada sebelahatas. Dinding tenggorok diperkuat oleh beberapa cincin rawan yang pada bagian belakangnya   terbuka .Dalam rongga dada, tenggorok bercabang dua yaitu tenggorok kanan dan kiri yang masing-masing cabang memasuki paru-paru kanan dan paru-paru kiri.
SistemPernapasanpadaManusiaterdiriatas
F Hidung
F Faring
F Trakea
F Bronkus
F Paru-paru
pertukaranudara yang sebenarnyahanyaterjadi di alveoli. Dalamparu-paru orang dewasaterdapatsekitar 300 juta alveoli, denganluaspermukaansekitar 160 m2 atausekitar 1 kali luaslapangantenis, atauluas 100 kali darikulitkita.



1.       Nasal (Hidung)
Hidungmerupakan organ pernapasan yang pertamadilaluiudaraluar.Didalamronggahidungterdapatrambutdanselaputlendirbergunauntukmenyaringudara yang masuk, lendirbergunauntukmelembabkanudara, dankonkauntukmengangatkanudarapernapas.
2.       Faring
Faring merupakanpercabanganduasaluran, yaitusalurantenggorokan (nasofaring) yang merupakansaluranpernapasan, dansalurankerongkongan (oralfaring) yang merupakansaluranpencernaan.
3.       Laring (pangkaltenggorokkan)
merupakanbagianpangkaldarisaluranpernapasan (trakea). Laringtersusuatastulangrawan yang berupalempengandanmembentukstrukturjakun.Diataslaringterdapatkatup (epiglotis) yang akanmenutupsaatmenelan. Katupberfungsimencegahmakanandanminumanmasukkesaluranpernapasan.Padapangkallarinkterdapatselaputsuara.Selaputsuaraakanbergetarjikaterhembusudaradariparu-paru.
4.       Trakea (tenggorokan)
Batangtenggorokanterletak di daerahleherdidepankerongkongan.Batangtenggorokkanberbentukpipadenganpanjang 10 cm. dindingtrakeaterdiriatas 3 lapisan, lapisandalamberupaepithelbersiliadanberlendir.Lapisantengahtersusunatascincintulangrawandanberototpolos.lapisanluartersusunatasjaringanikat. Cincintulangrawanberfungsiuntukmempertahankanbentukpipadaribatangtenggorokkan, sedangkanselaputlendir yang sel-selnyaberambutgetarberfungsimenolakdebudanbendaasing yang masukbersamaudarapernapasan.Akibattolakansecarapaksatersebutkitaakanbatukataubersin.

5.       Bronchus (cabangtenggorokkan)
Ujung tenggorokkanbercabangduadisebut bronchus, yaitu bronchus kiridan bronchus kanan.Struktur bronchus kananlebihpendekdibandingkan bronchus sebelahkiri.kedua bronchus masing-masingmasukkedalamparu-paru. Didalamparu-parubonchusbercabangmenjadibronchiolus yang menujusetiaplobus (belahan) paru-paru.bronchussebelahkananbercabangmenjadi 3 bronchiolus, sedangkansebelahkiribercabangmenjadi 2 bronchiolus. Cabangbronchiolus yang paling
kecilmasukkedalamgelembungparu-paru yang disebut alveolus.Dinding alveolus mengandungbanyakkapilerdarah.melaluikapilerdarahoksigen yang beradadalam alveolus berdifusimasukkedalamdarah.
6.       Pulmo (alveolus)
Paru-paruterletakdalamrongga dada diatasdiafraghma.Diafraghmaadalahsekatronggabadan yang membatasirongga dada denganronggaperut.
Paru-paruterdiridariduabagianyaituparu-parusebelahkiridanparu-parusebelahkanan.Paru-parukananmemilikitigagelambirsedangkanparu-parukiriterdiriatas 2 gelambir.
Paru-parudibungkusoleh 2 buahselaput yang disebutselaput pleura.Selaput pleura sebelahluar yang berbatasandengandindingbagiandalamrongga dada disebut pleura parietal, sedangkan yang membungkusparu-parudisebut pleura visceral.Diantarakeduaselaputterdapatrongga pleura yang berisicairan pleura yang berfungsiuntukmengatasigesekanpadasaatparu-parumengembangdanmengempis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar