Senin, 14 September 2015

PENANGGULANGAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN



PENANGGULANGAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN
Pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat diatasi jika antara pemerintah (yang bertanggungjawab terhadap suatu kawasan) dengan masyarakat (yang mendiami kawasan tersebut) memiliki persamaan persepsi dan gerak. Peningkatan kesadaran dan kepedulian lingkungan hendaknya dilakukan melalui 3H, yakni, head (kepala), heart (hati), dan hand (tangan). Seseorang diberi tahu (pemahaman), kemudian diberi contoh agar muncul sikap yang positif, selanjutnya diberi latihan (keterampilan).
Kegiatan berwawasan lingkungan dapat diwujudkan dalam aktivitas seperti perlombaan berwawasan lingkungan, pemanfaatan ulang dan daur ulang, serta penghijauan dan pembersihan lingkungan.
Perlombaan Berwawasan Lingkungan
Perlombaan berwawasan lingkungan seperti lomba menulis puisi bertema lingkungan, lomba poster lingkungan, lomba kebersihan kelas, lomba foto lingkungan, lomba memanfaatkan bahan bekas, dan lomba karya ilmiah lingkungan.
Pemanfaatan Ulang (Reuse) dan Penadaurulangan (Recycle)
Pemanfaatan ulang (Reuse) adalah penggunaan bahan-bahan bekas untuk keperluan tertentu. Bahan-bahan bekas seperti kertas, karton, plastik, kaleng, kawat, logam, dan kulit kayu.
Keuntungan Dari Pemanfaatan Ulang
1.    Mengurangi sampah agar tidak semakin mengotori lingkungan
2.    Menghemat sumber daya alam
3.    Menghemat pengeluaran
4.    Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan
Pendaurulangan (recycle) adalah mengubah bahan tak berguna menjadi bentuk lain yang bermanfaat. Sampah organik (sisa organisme) dapat didaur ulang dengan dijadikan pupuk kompos. Sampah anorganik, yaitu sampah berbahan plastik dan logam dapat didaur ulang di pabrik pendaurulangan.
Penghijauan dan Pembersihan Lingkungan
Penghijauan dapat dilakukan dengan cara menanam pohon di sekitar pekarangan rumah. Tanaman di halaman rumah dapat berfungsi sebagai penyaring debu dan menurunkan suhu lingkungan.
Pembersihan dapat dilakukan dengan cara mengikuti kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.
Cara-cara Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
1.   Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan maupun pelatihan peduli lingkungan
2.   Pengembangan sarana dan prasarana pengawasan lingkungan
3.   Mengajak masyarakat sebagai mitra (rekan) dalam pengelolaan sumber daya air dan pengawasan pembuangan limbah
4.   Pengembangan sarana pengolahan dan jaringan distribusi air bersih
5.   Memasyarakatkan gerakan hemat air dan penghijauan
6.   Menetapkan sistem pengawasan terhadap limbah pabrik dengan menerapkan sanksi yang tegas terhadap pembuangan limbah cair dan limbah rumah tangga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar