Senin, 14 September 2015

OTOT



OTOT
Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang.
Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. jaringan otot adalah sekumpulan sel-sel otot.
Jaringan otot terdiri dari :
1.       Otot Polos (otot volunteer
Otot polos adalah otot mempunyai bentuk yang polos dan bergelondong. Cara kerjanya tidak disadari (tidak sesuai kehendak), memiliki satu nukleus yang terletak di tengah sel. Otot ini biasanya terdapat pada saluran pencernaan seperti:lambung dan usus.
2.      Otot Lurik atau Jaringan  Otot Rangka
Otot rangka merupakan jenis otot yang melekat pada seluruh rangka, cara kerjanya disadari (sesuai kehendak), bentuknya memanjang dengan banyak lurik-lurik, memiliki nukleus banyak yang terletak di tepi sel. Contoh otot pada lengan
 3. Otot Jantung
Otot jantung hanya terdapat dijantung, berbentuk silindris atau serabut pendek. Otot ini tersusun atas serabut lurik yang bercabang-cabang dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Setiap sel otot jantung mempunyai satu atau dua inti yang terletak di tengah sarkoplasma. Otot jantung bekerja di luar kehendak (otot tidak sadar) atau disebut juga otot involunter.
A.    Mekanisme kerja otot
Jika otot berkontraksi, otot akan memendek,mengeras, dan bagian tengahnya mengembung. Ketika memendek, tulang yang di lengketi otot tersebut. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakkan tulang kesatu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali keposisi semula, otot tersebut harus berelaksasi. selain itu harus ada otot lain yang berkontraksi, yaitu yang merupakan kebalikan dari kerja otot yang pertama.
Berdasarkan tujuan kerjanya, otot dibedakan menjadi otot antagonis dan otot sinergis.
·         Otot antagonis
Yaitu dua otot atau lebih yang tujuan kerjanya berlawanan. Contohya, otot bisep dan otot trisep.
Otot bisep adalah otot yang memiliki dua ujung (dua tendon ) yang melekat pada tulang. Otot bisep terletak di lengan atas bagian depan. Otot trisep otot adalah yang memiliki tiga ujung (tiga tendon ) yang melekat pada tultng. Terletak pada lengan atas bagian belakang.
·         Otot sinergis
Yaitu dua otot atau lebih yang bekerja sama dengan tujuan yang sama.
Kerja  otot menurut sifatnya :
1)     Antagonis, yaitu kerja 2 otot secara berlawanan. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain mengalami relaksasi, begitupun sebaliknya. Contoh:
Pronasi dan Supinasi pada telapak tangan.
- Fleksi dan Ekstensi pada sendi siku dan lutut.
- Abduksi dan Adduksi pada sendi lengan atas dan sendi paha.
- Depresi dan Elevasi ketika kepala menunduk dan menengadah
2) Sinergis, yaitu 2 otot yang kerjanya bersamaan. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain pun ikut berkontraksi, begitupun dalam hal relaksasi.
Contoh: Otot Pronator Teres dan Kuadratus pada telapak tangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar