Minggu, 13 September 2015

KEBUTUHAN PANGAN



HUBUNGAN UKURAN POPULASI PENDUDUK DENGAN  KEBUTUHAN PANGAN

Kebutuhan sangat erat hubungannya dengan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan manusia dalam hidupnya. keinginan adalah perwujudan dari kebutuhan yang kualitas dan jumlahnya dapat berbeda-beda pada setiap orang.
Semakin banyak jumlah penduduk, maka semakin banyak pula kebutuhannya, terutama kebutuhan pangan. Contoh:   Satu keluarga terdiri dari 4 orang, yaitu 1 orang ayah, 1 orang ibu, dan 2 orang anak. Setiap harinya keluarga tersebut membutuhkan beras sekitar 1 Kg. 2 tahun kemudian dalam keluarga tersebut lahir lagi bayi, maka secara otomatis kebutuhan berasnya akan bertambah.
Jika suatu wilayah terdapat 30 kepala keluarga yang mengalami hal yang sama, maka di wilayah tersebut akan terjadi kenaikan terhadap kebutuhan beras. jika pertambahan penduduk yang semakin pesat tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan pangan, maka akan terjadi masalah kelaparan dan kekurangan gizi. Sebagian besar lahan pertanian di kota digunakan untuk lahan pembangunan pabrik, perumahan, kantor, dan pusat perbelanjaan. Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kota sangat tergantung dengan tersedianya pangan dari desa. Jadi kenaikan jumlah penduduk akan meningkat pula kebutuhan pangan dan lahan.
pertambahan penduduk mengikuti deret ukur, sedangkan pertambahan produksi pangan mengikuti deret hitung. semakin meningkat pertumbuhan penduduk, semakin tinggi pula kebutuhan pangan.Pertumbuhan penduduk lebih cepat daripada pertumbuhan produksi pangan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kekurangan pangan. Penduduk yang kekurangan makanan akan menyebabkan gangguan pada fungsi kerja tubuh dan dapat terjangkit penyakit seperti busung lapar, anemia, dan beri-beri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar