Minggu, 13 September 2015

PERBEDAAN HEWAN DAN TUMBUHAN



C. PERBEDAAN CIRI TUMBUHAN DAN HEWAN

Tumbuhan dan hewan termasuk ke dalam makhluk hidup, sehingga mempunyai ciri-ciri makhluk hidup. Namun, terdapat perbedaan ciri antara tumbuhan dan hewan antara lain sebagai berikut :
1.    Cara Bergerak
Tumbuhan dan hewan sama-sama dapat bergerak, akan tetapi terdapat perbedaan, yaitu hewan bergerak secara aktif dan dapat berpindah tempat, sedangkan tumbuhan bergerak secara pasif, tidak dapat berpindah tempat.
 
2.    Cara Memperoleh Makanan
Tumbuhan dan hewan sama-sama membutuhkan makanan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya serta untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis, sedangkan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga kebutuhan makanannya tergantung pada makhluk hidup lainnya 

Pengelompokan hewan berdasarkan jenis makannya :
a.    Herbivora : hewan pemakan tumbuhan.
b.    Karnivora : hewan pemakan daging (hewan lainnya).
c.    Omnivora : hewan pemakan tumbuhan dan daging.

3.                 Cara Merespon Rangsangan

Tumbuhan dan hewan peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya. Tumbuhan tidak mempunyai alat atau organ khusus untuk mengenali keadaan yang ada di sekitarnya, sedangkan hewan mempunyai alat atau organ khusus untuk mengenali keadaan yang ada di sekitarnya, alat atau organ tersebut dikenal dengan alat indra.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar