Minggu, 13 September 2015

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP



   

  

Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu.Makhluk hidup mempunyai persamaan dan perbedaan, Makhluk hidup sangat beraneka ragam hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya jenis-jenis tumbuhan dan jenis-jenis hewan disekitar kita.

1.        Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi bertujuan untuk memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup. Klasifikasi dapat dilakukan dengan mencari keseragaman dan perbedaan berbagai makhluk hidup.
Tujuan klasifikasi makhluk hidup antara lain:
ü Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki.
ü Mengetahui ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis lain.
ü Mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup.
ü Memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya atau belum memiliki nama.

2.        Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
Makhluk hidup dapat dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri yang dimilikinya. Pengelompokan itu dilakukan secara bertingkat, dari tingkat tinggi ke tingkat rendah.
Setiap tingkatan pengelompokan itu disebut takson. Semakin tinggi takson, semakin sedikit persamaan cirinya. Semakin rendah tingkat takson, semakin banyak persamaan cirinya. Sebelum melakukan klasifikasi, kita harus mengetahui faktor yang menyebabkan terbentuknya 
3. Pengelompokan Hewan Berdasarkan Bentuk Luar Tubuh Sebagai Dasar Klasifikasi

Sebelum melakukan klasifikasi, terlebih dahulu dilakukan identifikasi. identifikasi berdasarkan pada persamaan atau perbedaan ciri bentuk luar (Morfologi), susunan tubuh (Anatomi), faal tubuh (Fisiologi), tingkah laku, dan kromosom.

Bentuk luar tubuh hewan tersebut dapat dilihat dari bagaimana warna bulu penutup tubuhnya, kulitnya, ukuran badannya, baik itu ukuran badan yang jantan maupun yang betina, bentuk kaki, paruh, sisik dan lain sebagainya.

Dengan demikian kita dapat mengelompokkan hewan tersebut apakah dia termasuk pada kelompok pisces, aves, ampibhi, retil, dan mamalia.

Ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk mengklasifikasikan makhluk hidup.
  1. Pencandraan (identifikasi), Pencandraan adalah proses mengidentifikasi atau mendeskripsi ciri-ciri suatu makhluk hidup yang akan diklasifikasi.
  2. Pengelompokan, setelah dilakukan pencandraan, makhluk hidup kemudian dikelompokkan dengan makhluk hidup lain yang memiliki ciri-ciri serupa. Makhluk hidup yang memiliki ciri serupa dikelompokkan dalam unit-unit yang disebut takson.
  3. Pemberian nama takson, selanjutnya kelompok-kelompok ini diberi nama untuk memudahkan kita dalam mengenal ciri-ciri suatu kelompok makhluk hidup.


KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar